Mungkin Anda Perlu JENDELA PALSU (baca: JENDELA itu PENTING!)

Pentingnya jendela dan pencahayaan bagi rumah tinggal atau buatlah jendela palsu atau virtual“Pekerja yang memiliki akses ke JENDELA memiliki prestasi LEBIH BAIK terhadap pekerjaannya. Begitu pula pasien yang dirawat di dekat JENDELA dapat SEMBUH LEBIH CEPAT“. Benarkah?

Setidaknya itulah yang dikatakan Rizky A. Mangkuto yang sedang menempuh pendidikan S3 di departemen Built Environment di TU Eindhoven dalam Cerita Meneer PPI Belanda episode 3.

“Sayangnya pencahayaan terbatas ruang dan waktu (tergantung rotasi dan waktu), seperti malam hari atau ruang bersekat-sekat. Untuk itulah diperlukan JENDELA VIRTUAL,” lanjutnya. Bagaimana dengan Indonesia? Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki potensi sinar matahari yang berlimpah. Juga tidak ada 4 musim. Semestinya kan Indonesia dapat mengoptimalkan pemanfaatannya 🙂

Satu catatan kecil saya: sayangnya Mas Rizky belum mengutarakan pengaruh jendela virtual terhadap pertumbuhan tanaman di dalam ruangan 🙂 Lha iya lah, bidangnya kan beda, wkwkwk. Mungkin Anda tertarik untuk menelitinya? atau hanya ingin melihat videonya? Silahkan meng-klik gambar di atas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.