Mei 18 2016


Spokesman Wisuda UGM itu CoAs Dendrologi

Andi Nugroho dan Atus SyahbudinKebanggaan pastilah dirasakan oleh banyak pihak. Begitu pula bagi Laboratorium Dendrologi tempat yang pernah menggemblengnya lebih dari 3 tahun. Ketanggapan, ketelitian, kesabaran, dan canda tawa mewarnai sudah hari-hari praktikumnya bersama adik-adik mahasiswa Matakuliah Fitogeografi Pohon. Memang belumlah lantang suaranya, namun perhatiannya pada hal-hal kecil sangat membantu penyelenggaraan praktikum yang diadakan sekitar 8 kelas dalam 5 hari.

Rasa bangga dimiliki juga oleh Kehutanan UGM, fakultas yang telah berhasil mendidiknya dan menutup jalan panjang perjuangannya dengan skripsi berjudul Variasi Genetik Permudaan Cendana (Santalum album Linn.) di Botodayakan, Rongkop, Gunungkidul. Semoga Dr. Sapto Indrioko dan Yeni W.N.R., M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Skripsi dan Dr. Eny Faridah selaku Dosen Pembimbing Akademik turut merayakan keberhasilan ini. Penulispun sangat menikmati tampilan powerpoint saat ujian pendadarnya yang benar-benar bercita rasa powerpoint, bukan MS Word. Relatif colourfull dengan gambar-gambar yang memikat dan sesuai. Cobalah mengintip slide kesimpulan bila ingin membedakannya dengan mahasiswa lainnya.

Hari ini, Rabu/18 Mei 2016, adalah hari bersejarah baginya. Bukan saja karena toga dan slempang cumlaude di dadanya, tetapi anak desa itu menjadi juru bicara mewakili ribuan wisudawan UGM periode Mei 2016 di Gedung Grha Sabha Pramana. IPK-nya tertinggi di antara mahasiswa-mahasiswi cumlaude. Luar biasa bukan? Bapak/Ibunya tentu sangatlah bangga padanya. Air mata haru mungkin bercampur dengan kenangan berat perjuangan beliau saat membesarkannya, membiayai sekolah kala merah putih hingga putih abu-abu. Bidik misi telah menyambung asanya melebihi harapan orang tua untuk segera bekerja karena himpitan ekonomi.

Ingatlah kawan, cumlaude bukanlah satu-satunya capaian. Dia pernah menjabat sebagai ketua Forestry Study Club (FSC) dengan beberapa terobosannya seperti menggelar belajar bersama untuk membongkar soal-soal ujian para dosen di Fakultas Kehutanan UGM. Inovasi FSC berlanjut hingga hari ini dengan program teranyar: Kunjungan Dosen. Dia juga akhirnya yang berhasil menyusun rincian rute jelajah pohon di UGM guna menyempurnakan praktikum pengenalan pohon. Terima kasih atas etos kerjanya di Laboratorium Dendrologi walau minim bimbingan. Rayakanlah kesuksesan ini, karena merayakan kesuksesan akan membakar semangat lebih besar lagi. Semoga di masa yang akan datang Allah membukakan kesuksesan yang lebih besar.

No responses yet




Comments RSS

Leave a Reply