Mar 21 2016


Quiz Matakuliah Herba dan Perdu

Filed under MK Herba dan Perdu

Tatap muka VI Matakuliah Herba dan Perdu mendiskusikan mengenai bambu dan berbagai manfaatnya. Namun sebelum itu, demi evaluasi pembelajaran sejauh ini, semua mahasiswa diminta untuk menuliskan hambatan atau kesulitan yang dijumpai selama mengikuti perkuliahan Matakuliah Herba dan Perdu. Hal tersebut dapat mengenai sumber belajar, metode pembelajaran, dan lain-lain.

Selain itu, jangan lupa sebutkan juga ya tentang kelebihan yang ditemui 🙂 Semua jawaban mohon diisikan di dalam kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih atas umpan balik yang diberikan.

52 responses so far




52 Responses to “Quiz Matakuliah Herba dan Perdu”

  1.   Tito Ardiyanon 21 Mar 2016 at 7:24 pm     Balas1

    Pembelajaran sudah cukup baik, masing – masing dosen sudah menjelaskan materi yang menarik dengan cara yang baik. Tapi saya sering ketinggalan saat mencatat, jadi beberapa catatan saya kurang lengkap. Mungkin bila ada rangkuman materi dari tim dosen bisa disampaikan sebelum ujian. Terima kasih

  2.   tri dodi hermawantoon 21 Mar 2016 at 7:40 pm     Balas2

    Hambatan atau kesulitan: pada perkuliahan ini saya mengalami hambatan mengenai metode menghafal dan memahami jenis spesies yang terdapat pada materi, metode visual yang diterapkan bapak dan ibu dosen saat menerangkan sejauh ini bertahan pada bangku kuliah setelah selesai mata kuliah potensi untuk lupa tinggi karena bahan foto, dan bahan ajar masih harus mencari pada referensi lainnya.

    Kelebihan:
    1. Pada metode pengajaran yang dilakuakan bersifat implementatif bukan hanya sekedar teoritis
    2. Metode belajar di lapangan menjadi kelebihan, namun masih belum optimal karena sistemnya hanya satu kelompok dengan jumlah yang banyak sehingga menyulitkan mahasiswa untuk menyesuaikan.
    3. Metode belajar interaktif dua arah menjadi kelebihan karena ini yang dapat memberikan pemahaman lebih.
    4. Metode pengajaran visual, semakin memberikan kemudahan mahasiswa untuk memahami materi.

  3.   Victory Harianjaon 21 Mar 2016 at 7:42 pm     Balas3

    Hambatan dalam mengikuti perkuliahan, yaitu terkait dengan penyajian dan pengenalan jenis herba, perdu yang kurang efektif. Perlu disajikan dengan gambar yang jelas beserta informasinya seperti jenis, ciri morfologi dll agar gampang di bedakan dan diingat.

    Kelebihan matakuliah, sangat bermanfaat dan penting karena mengetahui herba perdu di kawasan hutan bisa memunculkan ide baru dalam pemanfaatan kelak, serta mengerti sifat masing2 jenis untuk pengelolaan hutan lestari.

  4.   Intan Puspitasarion 21 Mar 2016 at 7:43 pm     Balas4

    Kesulitan : pada awalnya saya bingung karena belum di approve di elisa pada minggu ke 4 tapi minggu lalu sudah di approve dan saya sudah bisa akses elisa.
    Harapan : ada pembahasan masalah terdiri, multi disiplin, atau penelitian studi kasus terkait herba perdu multi minat karena ini pilihan bebas. Atau bisa dijadikan tugas. Agar mahasiswa dapat berpikir ke arah solusi dan perannya ketika lulus.
    Metode : sudah baik. Saya senang bisa memegang langsung obyeknya dan ke lapangan identifikasi jenis sekaligus mendapatkan teori di kelas.
    Kelebihan
    1. Ada sesi teori dan praktek
    2. Dosen yang mengampu saling melengkapi satu sama lain. Dalam beberapa pertemuan dosen ada dua orang.
    Kemudian tidak terlalu serius karena dosennya interaktif dan lucu. Hehehe.

  5.   Hafsah Muthi'ahon 21 Mar 2016 at 7:46 pm     Balas5

    Hambatan dan kesulitan yang saya rasakan selama mengikuti mata kuliah herba dan perdu adalah dalam menghapal nama latin dan manfaat herba dan perdu. Selain itu morfologi dari jenis-jenis herba dan perdu yang perbedaannya tidak begitu mencolok satu dengan yang lainnya membuat saya susah membedakan. Sedangkan kelebihan yang saya temui dari mata kuliah herba dan perdu adalah metode mengajar dosen yang cukup menarik, misalnya dengan mengajak mahasiswa langsung melihat jenis herba dan perdu ddilapangan. Juga membawa contoh herba dan perdu ke dalam kelas.

  6.   Arifa Dewi Devakhyon 21 Mar 2016 at 7:52 pm     Balas6

    Selama mengikuti matakuliah herba perdu selama setengah semester ini, hambatan atau kesulitan yang dijumpai :
    – sumber belajar yaitu kurangnya materi yang diberikan sebelum berlangsungnya kegiatan perkuliahan karena hanya dosen tertentu yang memberikan materi untuk dipelajari sebelumnya. Kurangnya penggunaan media elisa.
    -metode pembelajaran adalah masih ditemui beberapa dosen yang mengacu pada powerpoint dan cenderung monoton.

    Kelebihan dari mata kuliah herba perdu :
    – diperlihatkan contoh-contoh herba perdu yang dibawa ke dalam kelas sehingga mempermudah pemahaman
    – beberapa dosen lebih interaktif dalam memberi materi misalnya dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiwa sehingga menuntut mahasiswa berfikir kritis

  7.   Ivan Hadi Mazaya Aon 21 Mar 2016 at 7:54 pm     Balas7

    Hambatan yang saya alami saat mengikuti perkuliahan herba dan perdu adalah cara mendapatkan materi perkuliahan karena tidak semua dosen menggunakan PPT, sehingga cara pandang atau untuk membayangkan apa yang dimaksudkan oleh Bapak/Ibu dosen cukup membuat saya bingung.

    Kelebihan dari mata kuliah ini menurut saya menarik karena sangat menunjang manfaat dari herba dan perdu itu sendiri hubungannya dengan tanaman kehutanan. Selain itu bisa menambah wawasan tentang herba dan perdu serta menunjang untuk kepentingan analisis vegetasi tumbuhan bawah.

  8.   Yulian Adi Prasetyaon 21 Mar 2016 at 7:57 pm     Balas8

    Saya mengalami kesulitan dalam pengenalan jenis. Mungkin ini dikarenakan pemahaman saya yang kurang atau jenisnya yang terlalu banyak atau karena metode pembelajarannya yang kurang efektif. Mungkin dengan lebih memanfaatkan fasilitas internet, pembelajaran menjadi lebih interaktif dan berkesan.
    Terima kasih.

  9.   Dina Feronikaon 21 Mar 2016 at 8:06 pm     Balas9

    Hambatan= Matakuliah Herba dan Perdu berhubungan dengan matakuliah lain di minat silvikultur. Pada saat pembelajaran di kelas beberapa pembicaraan ada yang belum dipahami oleh minat lain. Mungkin lebih spesifik dalam pembelajaran lebih mudah dipahami.

    Kelebihan= sangat membantu dalam mengenal jenis tumbuhan selain pohon dan memberi wawasan mengenai manfaat dari herba dan perdu dalam kehidupan sehari-hari.

    Terimakasih untuk bpk ibu dosen yang sudah menghubungkan secara langsung ilmu herba dan perdu pada semua minat… 🙂

  10.   Intan Puspitasarion 21 Mar 2016 at 8:07 pm     Balas10

    Kesulitan: pada awalnya saya bingung karena belum di-approve di elisa pada minggu ke-4, tetapi minggu lalu sudah di-approve dan saya sudah bisa akses elisa.

    Harapan: ada pembahasan masalah terkini, multi disiplin, atau penelitian studi kasus terkait herba perdu multi minat karena ini pilihan bebas. Atau bisa dijadikan tugas. Agar mahasiswa dapat berpikir ke arah solusi dan perannya ketika lulus.

    Metode: sudah baik. Saya senang bisa memegang langsung obyeknya dan ke lapangan identifikasi jenis sekaligus mendapatkan teori di kelas.

    Kelebihan
    1. Ada sesi teori dan praktek
    2. Dosen yang mengampu saling melengkapi satu sama lain. Dalam beberapa pertemuan dosen ada dua orang.
    3. Penyampaiannya tidak terlalu serius dan interaktif

  11.   winarsihon 21 Mar 2016 at 8:26 pm     Balas11

    selama proses perkuliahan yg sudah saya ikuti, hambatan atau kesulitan yang saya rasakan antara lain:
    1. saya sulit menghafal materi yg diberikan dosen jika tidak diberikan tayangan atau secara visual.
    2. Ada beberapa dosen yang mungkin cara mengajarnya hanya satu arah (masih menerapkan teacher center learning) tanpa ada diskusi dalam kelas, sehingga tidak adanya komunikasi timbal balik. Bagi saya itu cara yang membuat teori MK mudah lupa, karena jika hanya mendengarkan, otak tidak sepenuhnya berjalan secara optimal, sehingga bisa saja mahasiswa mengantuk.
    3. Cara pembelajaran dengan metode lapangan sebenarnya bagus dan lebih praktis karena bisa langsung tahu implementasi dari teori yang disampaikan dosen, tapi menurut saya itu hanya berlaku untuk kelompok kecil saja karena jika dalam kelompok besar, hambatannya adalah kurang terdengarnya materi yang disampaikan dosen, sehingga output yg diperoleh mahasiswa bisa jadi tidak sama, ditambah karena suasana pembelajaran jadi tidak kondusif (seperti banyak yang bercanda).

    Selain hambatan diatas, kelebihan yang saya rasakan selama mengikuti Mata kuliah adalah:
    1. Dosen tidak hanya memberikan materi dalam bentuk teoritis, tetapi juga implementatif.
    2. Sudah banyak dosen yang menerapkan sistem pembelajaran dua arah sehingga kelas lebih terasa aktif/ hidup.
    3. Waktu hadir dosen sudah lumayan tepat waktu, sehingga tidak membuang jam efektif perkuliahan, dan mahasiswa yang datang awal tidak harus menunggu terlalu lama.

  12.   Rini widayation 21 Mar 2016 at 8:33 pm     Balas12

    Hambatan yang saya alami selama mengikuti mata kuliah ini adalah kesulitan dalam menghafal nama ilmiah dari jenis-jenis yang diterangkan selain itu juga masih kesulitan dalam mengidentifikasi dan membedakan antara jenis yang satu dari dengan yang lain.

    Mengenai sumber belajar masih perlu mencari dari sumber lain selain materi yang diberikan saat kuliah. Untuk metode yang diterapkan sudah cukup baik dengan membawakan contoh tanaman yang dipelajari sehingga bisa memudahkan dalam memahami. Kelebihan mata kuliah ini adalah dengan adanya mata kuliah ini mampu menambah wawasan tentang manfaat dari berbagai jenis tumbuhan herba dan perdu.

  13.   Claudia Ayu Sekar Khinanthion 21 Mar 2016 at 8:35 pm     Balas13

    Sumber Belajar dan Metode pembelajaran
    Hambatan :
    1. Belum semua dosen memberi materi di awal untuk dapat dipelajari mahasiswa terlebih dahulu sebelum pertemuan tatap muka.
    2. Jumlah sampel herba perdu yang terlalu banyak dan mirip-mirip membuat saya cukup bingung dalam membedakannya.

    Kelebihan :
    1. Semua dosen sudah bekerjasama dengan baik, terbukti dalam beberapa pertemuan terdapat kolaborasi dari beberapa dosen yang menurut saya sangat informatif dan saling melengkapi materi yang diberikan.
    2. Pengenalan herba perdu dengan cara mengamatinya secara langsung di lapangan membuat pemahaman kami tentang hal tersebut menjadi lebih baik.

  14.   Asri Cahyani Jannahon 21 Mar 2016 at 8:35 pm     Balas14

    Hambatan selama perkuliahan ini antara lain:
    -Kurangnya penggunaan media interaktif seperti Elisa sebagai sumber materi dan diskusi
    -Dalam pemberian materi tidak semua menggunakan contoh yang jelas dengan gambar asli sehingga terkadang sulit untuk memahami
    -Metode pembelajaran di lapangan masih kurang efektif karena tidak semua mendengar penjelasan materi
    Kelebihan:
    -Metode pembelajaran dengan memberi pertanyaan cukup baik karena mendorong mahasiswa untuk berpikir dan berdiskusi, selain itu mempermudah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahaman mahasiswa

  15.   Anjar Cahyaningtyason 21 Mar 2016 at 8:38 pm     Balas15

    Hambatan dalam perkuliahan ini yaitu:
    1. Adanya kesulitan dalam menghafalkan jenis-jenis yang dipelajari karena memiliki kemiripan-kemiripan dan sulit dibedakan
    2. Tidak tersedianya materi perkuliahan untuk dipelajari sendiri sehingga harus mencari bahan belajar sendiri yang memungkinkan pemahaman yg berbeda saat belajar sendiri
    Kelebihan perkuliahan:
    1. Adanya dosen yg memberikan contoh jenis-jenis herba saat kuliah
    2. Pemberian tugas membuat mahasiswa menjadi lebih aktif

  16.   Sulistyaning Hernan Utamion 21 Mar 2016 at 8:53 pm     Balas16

    Hambatan dalam perkuliahan :
    1. Tidak ada buku acuan yang lengkap
    2. Terlalu cepat dalam menyampaikan materi
    3. Nama-nama botani sulit dihafalkan
    Kelebihan dalam perkuliahan
    1. Team teaching yang kompak
    2. Membawa contoh-contoh tanaman saat kuliah sehingga lebih mudah membayangkan
    3. Perkuliahan menyenangkan.

  17.   Aisyah Aminion 21 Mar 2016 at 9:02 pm     Balas17

    Hambatan yang saya rasa dalam mengikuti perkuliahan herba dan perdu adalah tidak semua dosen memberikan softfile dari bahan yang sudah diajarkan sehingga untuk mereview pelajaran kami menggunakan catatan kami yang terkadang tidak lengkap. Selain itu banyaknya jenis herba dan perdu yang hampir mirip membuat saya kesulitan untuk membedakannya.

    Kelebihan yang saya rasakan adalah terdapat sampel yang diberikan dalam perkuliahan sehingga kami dapat sedikit mengenal jenis herba perdu yang da. Selain itu dengan pengamatan langsung jenis herba perdu yang ada dikampus membuat kami lebih memahami berbagai jenis herba perdu yang ada diarea F. Kehutanan.

  18.   intan Kumalasarion 21 Mar 2016 at 9:31 pm     Balas18

    Selama mengikuti perkuliahan herba dan perdu, ada beberapa hal yang menjadi hambatan bagi saya (pribadi), yaitu:
    1. Sulit membayangkan
    Dalam satu famili, ada begitu banyak spesies yang diperkenalkan. Masing-masing spesies memiliki kemiripan. Sulit bagi saya membedakan dan menghafalkan masing-masing spesies dalam waktu singkat. Selain sulit membayangkan bentuk nyata masing-masing spesies, saya belum ada gambaran tentang fungsinya baik sebagai masyarakat dalam hutan, maupun pemanfaatannya oleh manusia.

    2. Antara materi dengan penyajian contoh dan gambar kurang padu
    Mata kuliah dinamai Herba dan Perdu Hutan, namun seringkali pemberian contoh dan penampilan gambar (misalnya struktur bunga) diambil dari habitus pohon.

    Meski demikian, saya mendapatkan banyak manfaat dari perkuliahan ini, diantaranya:
    1. Pengenalan tumbuhan selain pohon
    Saya mendapat pengetahuan baru tentang herba dan perdu, bahwa di dalam ekosistem hutan tidak hanya dibentuk oleh pohon, namun juga jenis lain. Dan masing-masing jenis tumbuhan pastilah mempunyai manfaat, hanya saya belum tahu lebih dalam.

    2. Selama perkuliahan ada hal-hal tertentu yang menarik, sehingga membuat peserta penasaran dan mencari referensi lain diluar kelas.

  19.   Reza M Irsyadon 21 Mar 2016 at 9:50 pm     Balas19

    Untuk hambatan pada matakuliah herba dan perdu :
    – Sulit menghafalkan nama ilmiah, nama lokal dan bentuk dari jenis-jenis nya
    – Di lapangan sulit langsung mengidentifikasinya, karena di kelas kurang memberikan contoh jenisnya kurang jelas dan banyak.
    – Membutuhkan metode pembelajaran dengan visual yang jelas untuk mempermudah mengingat dari jenis herba dan perdu.
    Kelebihannya :
    – Matakuliah ini sangat perlu di pelajari oleh mahasiswa apalagi untuk mengetahui jenis herba dan perdu yang menguntungkan bagi manusia juga .

  20.   Alfian Nur Falaahon 21 Mar 2016 at 10:36 pm     Balas20

    Hambatan dalam mengikuti kuliah Herba dan Perdu:
    1. Penyampaian yang terlau cepat kadang bisa diikuti namun sulit dicatat atau direview kembali.
    2. Sumber materi yang kurang jelas. Menurut saya lebih baik jika materi diberi gambar yang jelas atau justru hanya teori disertai contoh jenis.
    3. Manfaat dari perkuliahan kadang kurang disampaikan. karena hal ini yang kadang-kadang memberi semangat dalam kuliah.
    Kelebihan perkuliahan Herba dan Perdu:
    1. Perkuliahan menarik karena merupakan hal baru yang jarang dibahas dalam mata kuliah lain.
    2. Penyampaian menarik dan tidak membosankan serta kadang disertai contoh riil.
    3. Potensi yang besar dari herba dan perdu sebagai hasil hutan dan perannya dalam ekosistem.

  21.   Rahmat Fitri Priyowibowoon 21 Mar 2016 at 10:51 pm     Balas21

    Metode pembelajaran untuk mata kuliah Herba & Perdu masih terdapat hal-hal yang kurang, seperti :
    1. Penerapan Student Center Learning yang belum maksimal diterapkan, padahal SCL dapat menambah pengetahuan lain yang tidak diajarkan dosen di kelas.
    2. Buku acuan/buku ajar tentang herba & perdu yang didalamnya terdapat konten yang terstruktur dari pertemuan pertama sampai akhir. Buku ajar hendaknya disediakan dalam bentuk e-book dan didalamnya terdapat gambar-gambar bewarna tentang herba & perdu hutan beserta klasifikasinya. Bentuk e-book lebih disarankan karena memiliki kelebihan mudah dishare, hemat kertas & tinta, dan mudah diakses gadget mana saja.
    3. Perlu adanya pengenalan jenis herba & perdu secara langsung di luar kelas (outdoor) agar dapat mengetahui secara langsung kondisi alami herba & perdu dapat tumbuh.

  22.   Hafsah Muthi'ahon 21 Mar 2016 at 11:41 pm     Balas22

    Hambatan dan kesulitan yang saya rasakan selama mengikuti mata kuliah herba dan perdu adalah dalam menghapal nama latin dan manfaat herba dan perdu. Selain itu morfologi dari jenis-jenis herba dan perdu yang perbedaannya tidak begitu signifikan satu dengan yang lainnya membuat saya susah membedakan. Sedangkan kelebihan yang saya temui dari mata kuliah herba dan perdu adalah metode mengajar dosen yang cukup menarik, misalnya dengan mengajak mahasiswa langsung melihat jenis herba dan perdu ddilapangan. Juga membawa contoh herba dan perdu ke dalam kelas.

  23.   Vivi ikawardanion 21 Mar 2016 at 11:42 pm     Balas23

    Hambatan dalam perkuliahan :
    1. Sulit menghafalkan dan membedakan jenis jenis herba dan perdu.
    2. Hard file materi yg diberikan gambar tidak begitu jelas. Sehingga kesulitan dalam mengidentifikasi di lapangan

    Kelebihan
    1. Penyampaian materi yang interaktif dan menarik dengan disertai preparat asli.

  24.   Febrina Yurinda Putrion 22 Mar 2016 at 12:01 am     Balas24

    Hambatan atau kesulitan yang saya temui pada saat pembelajaran mata kuliah herba dan perdu selama 6 kali pertemuan adalah :
    1. kesulitan dalam menghapalkan jenis herba dan perdu baik itu nama ilmiah, nama lokal, gambar maupun saat contoh riil di lapangan
    2 materi yang saya dapat untuk di catatan sebagai bahan belajar kurang karena penyampaiannya terlalu cepat dan tidak ada softfile yang diberikan untuk mahasiswa
    3. Adanya handout untuk bahan belajar sudah baik namun kurang disajikan gambar yang asli sehingga jika ada gambar atau foto asli selain gambar dari tangan mungkin apabila dengan gambar menarik dan bewarna menjadi mudah mengingat
    4. Belum mengetahui secara keseluruhan dengan baik manfaat dari masing masing jenis herba dan perdu

    Kelebihan yang saya temui dalam mengikuti kuliah ini :
    1. Ilmu yang sangat bermanfaat dan penting sebagai seorang rimbawan khususnya silvikulturis untuk mengetahui jenis herba dan perdu beserta manfaatnya
    2 Dosen dosen pengajar yang menurut saya enak dan lucu dalam mengajar sehingga suasana kelas menjadi hidup
    3. Dosen membawa contoh tumbuhan di kelas sebagai bahan belajar di kelas dan pengenalan langsung di lapangan sangat menyenangakan dalam pembelajaran

  25.   Rahmat Aji Prasetyoon 22 Mar 2016 at 1:10 am     Balas25

    Hambatan yang saya alami ketika mengikuti kuliah ini adalah :
    1. Saya sulit untuk menghafal jenis-jenis yang telah dijelaskan karena sangat banyak.
    2. Belum adanya buku ajar yang memudahkan kami untuk belajar mandiri di kelas dengan gambar-gambar yang lebih jelas dan detail.
    3. Belum diapprovenya di Elisa sehingga membuat saya kesulitan untuk belajar mandiri selama ini, karena tidak bisa mendownload materi softcopy.
    4. Selain itu, karena yang mengajar dari berbagai dosen sehingga membuat keterpaduan pengajaran menjadi kurang dimana hal ini ditandai dengan bahan kuliah yang didapatkan menjadi campur dan antara penjelasan yang menggunakan contoh langsung, media handout, dan softcopy tidak padu.
    5. Penjelasan yang terlalu cepat dengan jenis yang banyak sehingga membuat saya kurang memahami lebih mendalam dengan jenis yang dikenalkan

    Kelebihan kuliah ini adalah :
    1. Kuliah ini membahas mengenai tumbuh-tumbuhan bawah yang sangat beragam sehingga saya jadi mengerti jenis-jenis yang telah saya sering temui namun belum tahu namanya.
    2. Penggunaan contoh tumbuhan langsung dari dosen, membantu saya dalam mengingat.
    3. Pembawaan dosen yang santai dan tidak terlalu serius, dengan disertai guyon-guyonan khas, membuat kuliah ini tidak membosankan.
    4. Dosen hadir cukup tepat waktu sehingga perkuliahan menjadi lebih ontime baik mulai maupun selesainya.

  26.   Septanti Aon 22 Mar 2016 at 1:15 am     Balas26

    Hambatan atau Kesulitan yang dihadapi pada perkuliahan ini yaitu kesulitan dalam menghafal jenis terutama rumput-rumputan.
    Kelebihan mata kuliah ini yaitu dapat mengenal lebih jauh tentang herba dan perdu yang ternyata mempunyai banyak manfaat seperti untuk obat-obatan.
    Untuk kedepannya mungkin perlu diperbanyak kelas di lapangan agar mahasiswa dapat melihat langsung tanaman yang sedang d pelajari atau dapat juga dengan dosen membawa contoh tanaman ke kelas seperti yang telah dilakukan oleh Pak Wiyono. Selain itu, perlu juga dibuat handout atau website yang memuat semua materi perkuliahan ini agar mahasiswa lebih mudah dalam belajar.

  27.   Sri wulaningsihon 22 Mar 2016 at 1:36 am     Balas27

    Hambatan dalam mengikuti kuliah Herba dan perdu :
    1. Sulit menghafalkan nama ilmiah dan membedakan berbagai jenis herba dan perdu yang hampir sama.
    2. Kurangnya gambar-gambar/ contoh foto yang ada dalam materi.
    3. Pemberian materi terlalu cepat sehingga kadang tertinggal dalam mencatat.

    Kelebihan:
    1. Di sela perkuliahan diselingi keluar ruangan untuk melihat contoh dari herba dan perdu di lapangan sehingga kita tidak jenuh dan mudah ingat.
    2. Cara mengajar dosen yang asik tidak membuat tegang saat perkuliahan.
    3. Dari mengikuti kuliah herba dan perdu saya dapat membedakan berbagai jenis herba dan perdu serta pemanfaatanya.

  28.   Febriana Juwita Sarion 22 Mar 2016 at 2:49 am     Balas28

    Kasulitan yang saya alami dalam matakuliah Herba dan Perdu yaitu :
    1. Kesulitan dalam menghafal nama botani, membedakan, dan mengetahui fungsinya dalam suatu ekosistem dari masing – masing jenis dari setiap family.
    2. Ada salah satu dosen yang memberikan tayangan slide cepat, sehingga saat mencatatat sering keteteran.
    3. Belum adanya bahan ajar yang bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum perkuliahan berlangsung

    Harapan : akan lebih baik bila tim dosen membantu mahasiswa dalam menghafal dan memahami dari masing – masing jenis dengan cara adanya kuis sebelum pembelajaran berlangsung. Memang mungkin cara tersebut akan menimbulkan pro dan kontra antar mahasiswa, namun akan memacu mahasiswa untuk belajar, sehingga di akhir saat akan ujian merasa ringan.

    Kelebihan matakuliah Herba dan Perdu :
    1. Ada dosen yang saat pembelajaran memeberikan contoh tanamannya secara langsung.
    2. Metode pembelajaran tidak hanya di kelas, namun outdor melihat contoh yang ada di sekeliling.
    3. Merupakan tim teaching yang baik, dan saling melengkapi.
    4. Pembelajaran di kelas menyenangkan karena dosen – dosennya sangat hangat.

  29.   Anggraeni Kusuma Dewion 22 Mar 2016 at 6:09 am     Balas29

    Menurut saya kelebihan pembelajaran mata kuliah herba perdu:
    1. Sudah cukup baik dan menyenangkan.
    2. Dari dosen yang tidak hanya memberikan materi namun juga memberikan contoh2 tanaman yang masuk dalam materi herba dan perdu.
    3. Belajar di lapangan cukup memberikan pencerahan yang nyata bagi saya bahwa semua tumbuhan/tanaman yang ada disekitar kita sangat beraneka ragam dan bervariasi dan sebagian memiliki manfaat.
    4. Penggunaan media interaktif seperti menggunakan web/blog ugm sangat bermanfaat karena dapat melatih kita lebih interaktif tidak hanya di dunia nyata maupun di dunia maya, menambah ilmu tentang IT, melatih kita dapat menulis dengan baik dsb.
    5. Dosen dalam memberikan materi sudah cukup urut dan dapat mengerti.

    Hambatan yang saya alami :
    1. jenis2 famili dan contohnya yang cukup banyak untuk dihafalkan.
    2. Terkadang dalam menyampaikan materi ada beberapa materi yang disampaikan lebih cepat sehingga terkadang saya tidak bisa mengikuti dalam mencatat.
    3. walaupun ada contoh gambar tangan herba dan perdu namun gambar2 tersebut terkadang membuat saya kesulitan untuk membayangkan yang aslinya seperti apa.

    Manfaat kuliah Herba dan Perdu :
    1. Dapat membantu mahasiswa dalam membedakan berbagai macam contoh tanaman herba dan perdu yang memiliki manfaat yang berbeda sesuai jenisnya.
    2. Membuat kita lebih mensyukuri ciptaan Allah sehingga dapat memanfaatkan sebagaiman mestinya sesuai kebutuhan.

  30.   Febrina Yurinda Putrion 22 Mar 2016 at 6:10 am     Balas30

    Hambatan atau kesulitan yang saya temui pada saat pembelajaran mata kuliah herba dan perdu selama 6 kali pertemuan adalah :
    1.Kesulitan dalam menghapalkan jenis herba dan perdu baik itu nama ilmiah, nama lokal, gambar maupun saat contoh riil di lapangan
    2.Materi yang saya dapat untuk di catatan sebagai bahan belajar kurang karena penyampaiannya terlalu cepat dan tidak ada softfile yang diberikan untuk mahasiswa
    3.Adanya handout untuk bahan belajar sudah baik namun kurang disajikan gambar yang asli sehingga jika ada gambar atau foto asli selain gambar dari tangan mungkin apabila dengan gambar menarik dan bewarna menjadi mudah mengingat
    4.Belum mengetahui secara keseluruhan dengan baik manfaat dari masing masing jenis herba dan perdu.

    Kelebihan yang saya temui dalam mengikuti kuliah ini :
    1.Ilmu yang sangat bermanfaat dan penting sebagai seorang rimbawan khususnya silvikulturis untuk mengetahui jenis herba dan perdu beserta manfaatnya.
    2.Dosen dosen pengajar yang menurut saya enak dan lucu dalam mengajar sehingga suasana kelas menjadi hidup.
    3.Dosen membawa contoh tumbuhan di kelas sebagai bahan belajar di kelas dan pengenalan langsung di lapangan sangat menyenangakan dalam pembelajaran

  31.   Gandhes Wening Tyason 22 Mar 2016 at 6:27 am     Balas31

    Hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran mata kuliah Herba dan Perdu Pohon:
    1. Pemberian materi hardcopy yang berisi contoh dengan gambar yang kurang jelas dan keterangan yang kurang lengkap
    2. Penyampaian materi yang terlalu cepat, sehingga penerimaan pemahaman sedikit terlambat dan tertinggal.
    3. Pemberian beberapa bahan materi soft copy berupa power point dari pengajar belum diterima.
    Kelebihan pembelajaran mata kuliah Herba dan Perdu Pohon dari pengajar:
    1. Pengajar membawa contoh materi herba dan perdu secara langsung diberikan di kelas, sehingga mempermudah pemahaman pembelajaran.
    2. proses pemberian materi dalam pengajaran sangat menarik dan unik sehingga menjaga perhatian kita tetap fokus dalam penerimaan materi herba dan perdu pohon disertai contoh dilapangan dan manfaat yang berada dekat dilingkungan sekitar kita.

  32.   Annisa Putri Arsanadewion 22 Mar 2016 at 6:34 am     Balas32

    Hambatan
    1. Bahan ajar yg tidak lengkap, tidak mencakup semua materi dr semua dosen
    2. Cara penyampaian terlalu cepat, beberapa dosen tidak menayangkan ppt, dan terkadang ada istilah2 dimana mahasiswa minat lain kurang menguasai
    3. Terlalu banyak hafalan

    Kelebihan
    1. Dibentukny tim pengajar, jika salah satu pengajar berhalangan hadir dapat digantikan dosen lainnya sehingga kelas tidak pernah kosong
    2. Terkadang kelas diisi oleh dua dosen sehingga materi yg diajar dapat lebih luas dan lengkap dengan adanya interaksi kedua dosen

  33.   Fandi Adhityaon 22 Mar 2016 at 6:57 am     Balas33

    Sejauh ini mata kuliah Herba dan Perdu cukup menarik bagi saya. Namun ada beberapa hambatan yang saya hadapi dalam mengikuti kuliah ini, antara lain:

    -Pertemuan 1&2 saya tidak mengikuti kuliah karena sedang praktek SILIN di Jember, sehingga ketika saya masuk pada minggu ketiga, saya kurang “nyambung” dengan materi yang diberikan
    -khusus untuk pembelajaran oleh Bapak Wiyono, sebenarnya enak dan asik sekali karena disertai contoh-contoh nyata, juga mengenali langsung di lapangan. Tetapi seperti kebanyakan yg teman-teman keluhkan, saya juga tidak bisa mengghafal nama-nama jenis(ilmiah) sekaligus banyak. Sehingga masukan saya, Bapak Wiyono alangkah baiknya jika kuliah menggunakan slide power point. Penyampaian materi semacam ini saya kira akan lebih mudah diterima oleh mahasiswa.

    Mungkin itu saja hambatan dan saran dari saya pak.. Terima kasih

  34.   Anggraeni Kusuma Dewion 22 Mar 2016 at 7:36 am     Balas34

    Menurut saya kelebihan pembelajaran mata kuliah herba perdu:
    1. Sudah cukup baik dan menyenangkan.
    2. Dari dosen yang tidak hanya memberikan materi namun juga memberikan contoh2 tanaman yang masuk dalam materi herba dan perdu.
    3. Belajar di lapangan cukup memberikan pencerahan yang nyata bagi saya bahwa semua tumbuhan/tanaman yang ada disekitar kita sangat beraneka ragam dan bervariasi dan sebagian memiliki manfaat.
    4. Penggunaan media interaktif seperti menggunakan web/blog ugm sangat bermanfaat karena dapat melatih kita lebih interaktif tidak hanya di dunia nyata maupun di dunia maya, menambah ilmu tentang IT, melatih kita dapat menulis dengan baik dsb.
    5. Dosen dalam memberikan materi sudah cukup urut dan dapat mengerti.

    Hambatan yang saya alami :
    1. jenis2 famili dan contohnya yang cukup banyak untuk dihafalkan.
    2. Terkadang dalam menyampaikan materi ada beberapa materi yang disampaikan lebih cepat sehingga terkadang saya tidak bisa mengikuti dalam mencatat.
    3. walaupun ada contoh gambar tangan herba dan perdu namun gambar2 tersebut terkadang membuat saya kesulitan untuk membayangkan yang aslinya seperti apa.

    Manfaat kuliah Herba dan Perdu :
    1. Dapat membantu mahasiswa dalam membedakan berbagai macam contoh tanaman herba dan perdu yang memiliki manfaat yang berbeda sesuai jenisnya.
    2. Membuat kita lebih mensyukuri ciptaan Allah sehingga dapat memanfaatkan sebagaiman mestinya sesuai kebutuhan.

  35.   Sabrina Auliaon 22 Mar 2016 at 8:02 am     Balas35

    Hambatan selama mengikuti perkuliahan:
    1. Masih kesulitan menghafal dan membedakan tiap-tiap spesies dalam waktu singkat karena memiliki kemiripan.
    2. Penyampaian materi yang terkadang terlalu cepat.
    3. Metode belajar di lapangan yang kurang efektif karena jumlah mahasiswa yang cukup banyak sehingga hanya beberapa mahasiswa saja yang dapat melihat dan mendengarkan.
    4. Kurang memanfaatkan media elisa secara aktif.

    Kelebihan :
    1. Team teaching kompak dan saling melengkapi.
    2. Penyampaian materi yang interaktif dan tidak membosankan.
    3. Dosen membawa sampel tanaman herba perdu di kelas sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi, tidak sebatas membaca dan melihat foto/gambar saja.

  36.   Sumcahya Diana Putrion 22 Mar 2016 at 5:11 pm     Balas36

    Hambatan dalam perkuliahan herba perdu yang saya rasakan yaitu :
    1. Sulitnya memahami dan menghafal jenis jenis herba dan perdu yang diajarkan selama perkuliahan berlangsung. Hal ini dikarenakan jenisnya yang terlalu banyak dan mirip antara satu dengan yang lainnya sehingga saya merasa kebingungan. Untuk membedakannya pun juga sulit, apalagi menghafal nama latin tiap spesies.
    2. Penyampaian materi ada yang terlalu cepat sehingga membuat saya tidak fokus untuk memahamkan satu persatu jenis yang sedang diajarkan.

    Kelebihan perkuliahan herba perdu yaitu:
    1. Adanya sampel yang dibawa oleh dosen ke ruangan, hal ini menarik karena saya dapat langsung melihat contoh herba dan perdu yang sedang diajarkan secara langsung.
    2. Adanya identifikasi contoh herba perdu di lapangan. Dengan menerapkan metode pembelajaran di lapangan seperti ini menurut saya sangat baik karena saya diajari untuk mengamati dan mengidentifikasi secara langsung, selain itu dapat lebih memahamkan apa yang sudah diajarkan di kelas.
    3. Komunikatif. Dosen Herba perdu yang memberikan materi perkuliahan di kelas cenderung menarik dalam hal penyampaian, lalu adanya komunikasi dua arah dengan mahasiswa dan antara dosen yang satu dengan yang lain saling melengkapi sehingga materi yang diajarkan tidak membuat bosan dan ngantuk. Hal ini mampu membangkitkan semangat di kelas.
    4. Pemberian pertanyaan kepada mahasiswa membuat mahasiswa ‘dipaksa’ untuk berpikir, sehingga bagus untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

  37.   Eny Wahyu Lestarion 22 Mar 2016 at 9:12 pm     Balas37

    Hambatan saya dalam mengambil matakuliah herba dan perdu adalah sebagai berikut:
    1. Kurang tersedianya bahas bacaan yang memang khusus mengenai herba dan perdu yang lengkap. Bacaan berupa buku sudah ada tetapi hanya jenis-jenis yang sangat umum. Sedangkan kita tahu sendiri saat di lapangan, kita biasanya menemukan jenis-jenis yang jarang ada di buku dan hanya bisa mengidentifikasinya sampai pada genus. Selain itu, buku yang ada sebagian besar terbitan lama sehingga kurang update. Selagi ada buku baru atau lengkap sulit untuk didapat. Jurnal-jurnal yang memang membahas tentang flora juga sangat sedikit dan terkadang susah di akses.
    2. Bahan PPT yang hanya berisi gambar. Memang bagus menampilkan ppt dengan banyak gambar, menjadi kita lebih mengerti. Akan tetapi apabila tidak dilengkapi keterangan nampaknya kurang terlebih untuk mahasiswa yang tidak bisa mengikuti kuliah pada saat materi tersebut. Saya tidak bisa mengikuti kuliah pada saat fam. Rumput2an ( Graminae dan Cyperaceae) dan memang saat di lapangan untuk mengidentifikasi masih cukup sulit bagi saya. Sehingga harapanya setelah mengikuti kuliah ini saya jd lebih mengerti tentang materi tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya selain gambar individu asli juga ada keterangan gambar mengenai ciri khusus dari jenis tersebut. Sehingga apabila di lapangan menemui jenis tersebut mudah untuk mengidentifikasi.
    Kelebihan dari mengikuti mata kuliah herba dan perdu ini antara lain:
    1. Mengetahui nama jenis-jenis herba atau perdu yang di temui dilapangan tetapi tidak tercantum dalam buku yang saya miliki.
    2. Mengetahui informasi unik tentang jenis-jenis herba atau perdu yang kadang tidak tercantum dalam buku.
    3. Mengarahkan sistem pembelajaran flora yang lebih teratur dengan mengenalkan jenis-jenis pada lingkup famili terlebih dahulu tidak langsung ke spesies.
    Sekian pendapat saya mengenai hambatan dan kelebihan saat mengambil mata kuliah ini. Terima kasih.

  38.   Dzikrili Walid Li Ilminaon 22 Mar 2016 at 10:26 pm     Balas38

    Hambatan atau kesulitan yang saya jumpai selama mengikuti perkuliahan mata kuliah herba dan perdu adalah:
    1. Mengenai sumber belajar yang kurang atau tidak semua materi diberikan oleh dosen pengajar
    2. Mengenai metode pembelajaran yang menurut saya perlu adanya kegiatan lapangan lagi, artinya tidak hanya sekali yang waktunya sangat singkat. Menurut saya perlu ada tugas koleksi (foto) per anak untuk jenis herba dan perdu yang dilengkapi dengan keterangan, deskripsi yang selengkap mungkin dan dikompilasikan satu kelas. Sehingga akan memudahkan dalam penghafalan dan tentunya untuk kepentingan yang akan datang.

    Kelebihan dari mata kuliah ini adalah:
    1. Tim pengajar yang cukup disiplin dalam penggunaan waktu ajar.
    2. Model pengajaran dengan 2 dosen yang cukup baik, sehingga antar dosen dapat saling melengkapi jika ada kekurangan dalam penyampaian materi.
    3. Metode pengajaran dengan membawa beberapa contoh herba dan perdu di dalam kelas dapat memudahkan mahasiswa dalam menghafal antar jenis herba dan perdu.

  39.   Eny Wahyu Lestarion 23 Mar 2016 at 1:32 am     Balas39

    Hambatan saya saat mempelajari herba dan perdu adalah sebagai berikut :
    1. Kurangnya referensi bacaan tentang herba dan perdu. Buku bacaan memang sudah ada akan tetapi jenis-jenis yang terdapat pada bacaan tersebut biasanya hanya berupa jenis-jenis yang umum. Sedangkan saat di lapangan sering saya jumpai jenis-jenis tumbuhan yang unik dan sering kali tidak diketahui jenisnya. Selain itu, buku yang ada terkadang kurang update dan apabila terdapat ebook atau buku yang bagus sering kali susah untuk memperolehnya dikarenakan terkadang tidak dijual di indonesia. Seperti contohnya buku plant in tropical cities yang hanya bisa di dapatkan di kebun raya singapore. Apabila perpustakaan kehutanan memiliki buku tersebutnya nampaknya akan mempermudahkan mempelajari flora :). Selain itu, terkadang jurnal khusus yang membahas tentang flora juga sangat sedikit dan terkadang susah diakses.
    2. Materi PPT hanya berupa gambar saja. Hal ini sebenarnya bagus untuk membantu pengenalan jenis. Akan tetapi hal ini memiliki dampak terhadap mahasiswa yang tidak bisa mengikuti materi pada saat itu. Mereka mengetahui gambar apa yang ditampilkan dikarenakan tidak adanya keterangan. Seperti pada materi mengenai rumput-rumputan ( Poaceae dan Cyperaceae) hanya dicantumkan gambar saja dan hanya keterangan genusnya. Sebenarnya salah satu tujuan saya mengambil matakuliah ini yaitu dapat lebih paham mengenai rumput-rumputan. Hal ini dikarenakan pada saat identifikasi jenis rumput di lapangan, saya cukup mengalami kesulitan membedakan rumput dari genus a dengan genus b. Sehingga harapannya pada materi tersebut ada baiknya selain gambar individu jenis di tampilkan juga keterangan beserta dengan ciri yang paling spesifik dari individu tersebut serta dapat pula perbedaan yang mencolok antar genusnya.
    Kelebihan mengikuti matakuliah herba dan perdu adalah sebagai berikut :
    1. Mengetahui jenis tumbuhan yang termasuk herba atau perdu yang biasanya ditemukan di lapangan tetapi tidak tercantum dalam buku yang biasa saya gunakan.
    2. Mengetahui informasi seperti fungsi atau hal-hal menyangkut pemanfaatan lokal terhadap jenis tersebut yang tidak ada dalam literatur.
    3. Mempermudah mempelajari flora dengan sistem pembelajaran yang lebih teratur yaitu dimulai membahas dari lingkup famili tidak langsung menjurus pada spesies. Sehingga memang pembelajaran yang baik yaitu mengenalkan yang ruang lingkupnya luas terlebih dahulu baru mengerucut sampai spesies. Sehingga mahasiswa nantinya tidak cenderung menghafal spesies tetapi cukup memahami famili sampai ke genus.
    Demikian pendapat mengenai hambatan dan kelebihan selama mengikuti mata kuliah ini. Terimakasih

  40.   Adinda C. Milabaon 23 Mar 2016 at 1:53 am     Balas40

    Hambatan yang saya alami dalam mengikuti Mata Kuliah Herba dan Perdu Hutan adalah kurang bisa menghafal jenis, nama latin, beserta preparatnya.
    Metode pembelajaran dengan melihat langsung jenis yang dipelajari menurut saya sudah sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi.
    Hanya saja kalau memang mahasiswa ingin mengetahui banyak jenis dan menghafal dengan cepat, dibutuhkan jam terbang ke lapangan dan rasa ingin tahu yang tinggi.
    Terima Kasih.

  41.   Alfian adi wicaksanaon 23 Mar 2016 at 7:32 am     Balas41

    Hambatan dalam pembelajaran mata kuliah herba dan perdu adalah
    1. terlalu banyak cangkupan spesies yang di pelajari, penekanan pada salah satu spesies dalam setiap famili yang di anggap penting di bidang kehutanan dan implemntasi pemanfaatnya dalam kehidupan sehari-hari mungkin akan lebih bermanfaat dan bisa di aplikasikan secara nyata.
    2. Diskusi dalam pembelajaran yang di lakukan lebih sering ke hal yang bersifat teoritis bukan aplikatif, hal ini menyebabkan yang tidak tau akan selalu diam, karna hal tersebut terbatas pada teori yang sudah di pelajari, bukan ide yang berkaitan dengan suatu permasalahan yang setiap mahasiswa pasti mempunyai jawaban tersendiri.
    Kelebihan :
    1. Kompetensi pengajar mempuni dan berpengetahuan luas.
    2. Suasana kelas santai.
    3. Perkuliahan sesuai tepat waktu
    3.

  42.   Dini Novia Sabilaon 23 Mar 2016 at 1:22 pm     Balas42

    Hambatan yang saya alami selama mengikuti kuliah Herba dan Perdu:
    1. Kesulitan dalam menghafal jenis herba dan perdu karena materi yang disampaikan terlalu cepat.
    2. Dosen sering membawa bahan ke kelas namun, karena bahan tersebut ‘digilir’ ke semua peserta sehingga, catatan saya kurang lengkap.

    Kelebihan:
    1. Dosen sangat membantu mahasiswa dengan membawakan tanaman yang dipelajari ke dalam kelas.
    2. Dosen menggunakan banyak media sehingga, mahasiswa dapat dengan leluasa mendapat bahan belajar.
    3. Dosen memaksa mahasiswa berfikir kritis terhadap bahan kuliah sehingga pemahaman mahasiswa lebih dalam dan luas.

  43.   Siti Aminahon 23 Mar 2016 at 10:04 pm     Balas43

    Hambatan yang di temui pada mata kuliah herba dan perdu antara lain :
    1. Banyaknya jenis yang dipelajari sehingga banyak juga nama ilmiah jenis yang harus dihapalkan sehingga cukup sulit bagi saya.
    2. Ada banyak persamaan morfologi dari masing-masing jenis dan perbedaan yang mencolok antar jenis tidak begitu banyak sehingga cukup sulit untuk membedakan jenis satu dengan yang lainnya.
    Kelebihan :
    1. Dosen pengampu membawakan preparat asli atau herbarium kedalam perkuliahan sehingga mahasiswa akan lebih mudah membedakan dari masing-masing jenis.
    2. Dosen pengampu mengajak mahasiswa melihat langsung preparat di lapangan sehingga akan lebih mudah lagi untuk mengidentifikasi ketika dilapangan menemukan jenis tersebut.

  44.   Muhammad Nur Irfanon 24 Mar 2016 at 8:03 pm     Balas44

    hambatan dalam perkuliahan ini menurut saya kurang nya dalam memahami yang begitu banyak jenis jenis baru yang di ajarkan, susah dalam menangkap maksud dari dosen karena dosen tersebut tidak menggunakan ppt jadi susah dalam memahaminya,
    kelebihan yang di dapat dari makul herba perdu ini saya jadi mengetahui berbagai jenis rumput yang ada, padahal sebelumnya saya hanya mengerti jika semua rumput sama karena kenampakan dari rumput tersebut terlihat sama, dosen menggunakan contoh tanaman langsung sehingga perkuliahan menjadi menarik

  45.   Ida Mustikaningrumon 25 Mar 2016 at 5:16 am     Balas45

    Hambatan maupun kesulitan yang dialami dalam mata kuliah ini :
    1. Sulitnya menghafal berbagai jenis herba perdu yang diajarkan dalam perkuliahan karena banyak jenis yang memiliki kemiripan satu sama lain.
    2. Ada beberapa dosen yang mengajar terlalu cepat sehingga saya kurang paham dalam mengikuti perkuliahan.
    3. ketika ada penjelasan di lapangan saya rasa kurang efektif ketika satu dosen menjelaskan ke semua mahasiswa secara bergerombol, sebaiknya dikonsep lebih baik misalnya dengan satu dosen menjelaskan di depan dan mahasiswa dapat duduk secara rapi agar semuanya bisa paham mengenai apa yang disampaikan oleh dosen.
    Kelebihan :
    1. Materi yang disediakan di elisa sangat membantu dalam mengkuti perkuliahan ini.
    2. Contoh tanaman yang dibawa ke kelas sangat membantu mahasiswa dalam mengenali jenis herba perdu secara langsung.
    3. Pengenalan herba dan perdu pada tingkatan famili sangat membantu, sehingga tidak langsung ke spesiesnya.

  46.   Zihan Taufikon 26 Mar 2016 at 8:00 am     Balas46

    hambatan yang saya hadapi selama perkuliahan herba dan perdu hutan:
    1. pada awalnya saya tidak bisa membedakan antara herba dan perdu
    2. saya merasa kesulitan dalam menghafal jenis tanaman yang termasuk kedalam herba dan perdu, apalagi harus menghafal nama ilmiahnya.
    3. sangat sedikitnya contoh gambar yang diberikan dosen selama perkuliahan.

    kelebihan :
    1. dosen selalu hadir selama perkuliahan
    2. selama perkuliahan dosen menyampaikan materi dengan jelas
    3. suasana di kelas tidak kaku karena selama perkuliahan diselingi dengan hiburan.

  47.   Zihan Taufikon 28 Mar 2016 at 9:03 am     Balas47

    hambatan yang saya alami selama perkuliahan herba dan perdu hutan:
    1. pada awal kuliah saya tidak bisa membedakan antara jenis tanaman yang termasuk herba dan perdu.
    2. contoh gambar jenis tanaman yag termasuk herba dan perdu sangat sedikit,
    3. kesulitan dalam menghafal jenis tanaman yang termasuk keddalam herba dan perdu dan nama ilmiahnya.
    kelebihan selama perkuliahan:
    1. selama perkuliahan dosen selalu hadir, tidak pernah kosong.
    2. selama perkuliahan penyampaian dari dosen mudah di mengerti, dan selama perkuliahan tidak tegang, pembawaannya santai.

  48.   I Putu Wiwin Nuartaon 01 Apr 2016 at 1:14 am     Balas48

    hambatan saya ketika mengikuti kuliah herba perdu adalah
    1.sulit membedakan antara rumput graminae dan cyperaceae di lapangan secara langsung.
    2.kesulitan dalam penghafalan nama ilmiah baik herba atau perdu.
    3. gambar herba dan perdu yang tersedia saat perkuliahan baik tapi dirasa kurang jelas dan mewakili tanaman aslinya, lebih baik bila gambar berupa foto-foto tanaman dan bagian-bagiannya agar lebih jelas

    kelebihan perkuliahan :
    1. Dosen selalu hadir saat perkuliahan
    2. Penyampaian dari ibu/bapak dosen baik dan bisa dimengerti dengan komunikasi 2 arah
    3. Media pembelajaran yang digunakan banyak
    4. Praktik di lapangan sangat baik dan telah dilakukan walaupun kurang kondusif dengan jumlah mahasiswa yang terlalu banyak

  49.   Budi Ari Sapriyantoon 01 Apr 2016 at 3:33 am     Balas49

    kesulitan :
    1. Sulit dalam menghafal nama-nama tumbuhan, terutama nama-nama ilmiah
    2. Terlalu banyak jenis tumbuhan yang harus diketahui / dihafal
    kelebihan :
    1. Dosen membawa contoh saat kuliah sehingga menambah antusias dan pengetahuan mahasiswa
    2. Penyampaian dosen ‘enjoy’ sehingga mahasiswa nyaman

  50.   Arie Maya W.on 01 Apr 2016 at 7:33 am     Balas50

    hambatan yang saya alami selama perkuliahan ini adalah:
    1. menghafal nama-nama dan morfologi tiap spesies herba dan perdu yang ada.
    2. beberapa spesies memiliki morfologi yang mirip sehingga sangat sulit untuk membedakannya.
    sedangkan untuk kelebihan dari mata kuliah ini adalah:
    1. dosen mampu berkomunikasi dengan baik dengan mahasiswa sehingga kuliah dapat berjalan menyenangkan.
    2. terdapat materi yang cukup lengkap dari dosen.
    3. dosen sering membawa contoh spesimen ke kelas sehingga mahasiswa dapat melihat langsung jenis herba perdu yang dimaksud.
    4. dosen mengajak melihat langsung ke lapangan sehingga kuliah dapat dilakukan dengan lebih jelas.

  51.   M. Ginanjar CAKon 01 Apr 2016 at 8:25 am     Balas51

    Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran mk herba dan perdu adalah mengenai penghafalan spesies yang diberikan. Karena memang dalam sekali pertemuan ada cukup banyak contoh yang diberikan. Namun demikian hal tersebut juga sangat membantu untuk memahami perbedaan antara graminae dan cyperaceae secara umum.
    Selain kendala di atas, kendala lain yang ditemui adalah saat penjelasan dilapangan. Karena kondisi yang menggerombol secara melingkar, mengakibatkan informasi tidak dapat merata. Namun memang kegiatan dilapangan memberikan suasana perkuliahan yang berbeda dan lebih menarik untuk disimak.
    Secara umum perkuliahan herba dan perdu menarik bagi saya pribadi karena memang cara penyampaian yang mudah dicerna dan lebih santai.

  52.   catur mulyantoon 04 Apr 2016 at 10:57 pm     Balas52

    Hambatan dalam perkuliahan :
    1. Sulit menghafalkan dan membedakan jenis jenis herba dan perdu serta menghafal nama ilmiahnya.
    2. Hard file materi yg diberikan gambar tidak begitu jelas. Sehingga kesulitan dalam mengidentifikasi di lapangan
    3. Tidak ada buku acuan yang dapat memudahkan dalam pemahaman materi
    Kelebihan:
    1. kuliahnya menarik dan tidak membosankan karena menggunakan pengajaran sistem dua arah
    2. adanya aplikasi atau contoh langsung yang memudahkan pemahaaman mahasiswa
    3. team dosennya sangat kompak

Comments RSS

Leave a Reply