Jan 07 2016


Ini Dia Kisi-Kisi UAS MK Fitogeografi Pohon 2015-2016

Filed under Dendrology

Bkisi-kisi-soal-2015ocoran soal? Bukan, ini bukanlah bocoran soal Ujian Akhir Semester (UAS) Matakuliah Fitogeografi Pohon. Bukankah pada perkuliahan terakhir sudah disampaikan mengenai kisi-kisi soal
UAS Fitogeografi Pohon? Mengapa juga masih banyak mahasiswa yang mengirimkan SMS atau chat menanyakan hal tersebut?

Pada prinsipnya materi soal UAS hanya berasal dari tatap muka perkuliahan setelah ujian tengah semester. Ada
apa saja di sana? Silahkan diingat-ingat 🙂

1. Tugas membuat evaluasi mengenai kendala yang dihadapi pada saat mengenali 65 jenis pohon apakah sudah di-upload di blog-nya masing-masing?

tugas fitogeografi Atus syahbudinMengevaluasi diri sendiri tentang kendala yang dihadapi pada saat mengenali 65 jenis pohon menjadi bagian dari pembelajaran berbasis kasus di lapangan (field based learning). Seharusnya kelar sudah hasilnya. Atau ingin tahu bagaimana hasil mahasiswa lain silahkan googling: https://goo.gl/LqNQH5

2. Tugas merangkum beberapa jenis pohon dan menyusun materinya guna presentasi

Suasana Presentasi Mahasiswa Fitogeografi Pohon di Fakultas Kehutanan UGMMasih ingat jenis pohon apa sajakah yang telah dipresentasikan? Lebih dalam lagi, seberapa banyak deskripsi jenis pohon tersebut yang mampu difahami? Mulai dari bentuk tajuk, bentuk dan tipe batang, permukaan batang dan kulit, tipe dan bentuk daun, dan lain-lain. Ingat: ciri khas jenis merupakah hal utama yang harus dikuasai.

Terkait hal ini, setiap kelompok harus menguasai betul materi presentasi dari kelompoknya masing-masing. Nah, dengan begitu materi presentasi dari kelompok lain tidak jadi kami upload di dalam website ini.

3. Treking mengenali 65 jenis pohon di UGM

Bagian penting yang tidak boleh terlewatkan adalah mengenali sekitar 65 jenis pohon yang tumbuh di UGM. Tentu banyak kendala yang dihadapi seperti yang telah di-upload sebagai tugas pada nomor 1. Namun demikian, mari janganlah menyerah. Penguasaan jenis pohon menjadi salah satu kunci utama dalam kuliah di Fakultas Kehutanan. Memang akan sulit bila menguasai semuanya. Cobalah untuk familiar dengan nama lokal, nama latin, nama famili dan ciri khasnya dahulu. Ciri khas sifatnya unik dan berbeda dengan ciri umum yang dimiliki oleh sebagian besar tumbuhan, seperti daun berwarna hijau. Ciri khas juga bukan terkait habitat, jenis yang mirip, dan kegunaan jenis.

Hanya diminta menguasai 10 jenis saja? Wah usulan itu terlalu sedikit. Sebagai general forester, seyogyanya menguasai semakin banyak jenis akan semakin baik. Tidak harus semua kok, cobalah dengan nama lokal, nama latin, nama famili dan ciri khasnya dahulu.

Kalau rajin ikut kuliah, kami rasa jenis mana saja yang ditekankan, jenis yang diulang-ulang, jenis yang diperkirakan akan ditanyakan di dalam ujian akan semakin terang benderang.

Demikian, selamat belajar dengan gembira, karena belajar itu sepanjang hayat 🙂

No responses yet




Comments RSS

Leave a Reply